Pusbindiklatren memanggil peserta beasiswa yang telah lolos seleksi TPA yang diselenggarakan di Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Diponegoro tanggal 27 Oktober 2018.

Peserta yang berhak mengikuti tes TOEFL adalah (a) Peserta yang lulus TPA pada tanggal 27 Oktober 2018; dan/atau (b) Peserta yang telah mempunyai nilai TPA Seleksi Nasional yang masih berlaku dan sudah memenuhi syarat, namun nilai TOEFL-nya belum memenuhi syarat, sehingga langsung diundang untuk mengikuti tes TOEFL.

Pembiayaan seleksi TOEFL menggunakan mekanisme cost sharing. Pusbindiklatren menanggung biaya tes yaitu: biaya bahan, sewa ruang, pengawas dan penanggung jawab lokal. Sementara itu, instansi asal peserta menanggung biaya transportasi (tiket perjalanan PP) dari dan ke lokasi ujian serta perdiem untuk setiap peserta tes.

TOEFL diselenggarakan pada Hari Sabtu, tanggal 17 November 2018 mulai jam 08.00 (waktu setempat) di Ruang Kuliah B-402-403 Program Magister Ilmu Lingkungan Gedung Pascasarjana B Lantai 4, Jl Imam Bardjo, SH No.3-5 Semarang.       Calon Peserta diwajibkan hadir 30 (tiga puluh) menit sebelum tes dimulai. Peralatan yang perlu dibawa oleh peserta adalah: a. Pensil 2B; b. Peruncing Pensil; c. Karet Penghapus; dan d. Kartu Identitas Diri yang masih berlaku (wajib).