Wisuda

Mulai tahun 2020, sistem bimbingan dan ujian tesis/kelulusan sudah melalui SSO-SIAP. Keputusan lulus atau tidaknya dihitung bukan berdasarkan saat ujian tesis melainkan saat selesai revisi dan diberi nilai oleh tim penguji. Setelah selesai revisi dan diputuskan Lulus maka mahasiswa melakukan pendaftaran online wisuda melalui menu pendaftaran wisuda pada SSO-SIAP (Klik disini). Setelah selesai pendaftaran online mahasiswa juga melengkapi persyaratan wisuda dengan mengisi form online berikut (Klik disini).

Persyaratan Pendaftaran Wisuda

Menyerahkan syarat-syarat administrasi di Sekolah Pascasarjana yaitu sebagai berikut:

  1. Surat Keterangan Bebas Administrasi yang dikeluarkan oleh Sekolah Pascasarjana UNDIP Sub Keuangan (dibuat secara kolektif oleh MIL);
  2. Surat Keterangan Lulus Sementara (SKL) (Klik disini) yang dikeluarkan oleh Sekolah Pascasarjana Undip Sub Akademik;
  3. Transkrip sementara di download dari SSO SIAP yang ditandatangani oleh Dekan;
  4. Berita Acara Ujian Tesis yang sudah ditandatangani oleh Tim Penguji;
  5. Surat Keterangan Bebas Pinjam Buku dari perpustakaan yang dikeluarkan Sekolah Pascasarjana UNDIP;
  6. Menyerahkan Pas Photo sebagai berikut :
    • Hitam Putih ukuran 3×4 =4 lembar (pakaian resmi);
    • Berwarna 3×4 = 4 lembar (pakaian resmi);
    • Hitam putih 4×6 = 2 lembar;
    • Berwarna 4×6 = 2 lembar (latar belakang merah).
      *Menghadap lurus ke depan, tidak memakai kacamata hitam/gelap serta tidak bercadar. Pakain : PSL (pria) dan Blazer (wanita), dibalik foto ditulis nama dan program studi dengan pensil.
  7. Menyerahkan bukti pembayaran biaya wisuda;
  8. Calon wisudawan diwajibkan untuk mengisi Tracer Alumni sebagai salah satu syarat wisuda (Klik disini).
  9. Untuk tracer study pada website Tracer Study UNDIP (Klik disini) (login menggunakan username: NIM, dan Password: NIM);
  10. Menyerahkan hardcopy tesis 2 buah dan softcopy (dimasukkan ke CD), sebelum diserahkan file di upload Penerimaan Tesis online (Klik disini). Tesis 2 buah diserahkan satu  ke perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNDIP dan satu ke Program Studi Magister Ilmu Lingkungan. Mahasiswa menyerahkan abstrak/intisari tesis dalam Bahasa Ingris dan Bahasa Indonesia (masing-masing 1 lembar). Warna cover jilid tesis yaitu Biru Muda Kehijauan (telur bebek);
  11. Isi CD/Softcopy Tesis berisi 1 (satu) folder format Word dan 1 (satu) folder berisi file pdf, dengan format per bab:
    • Cover (berisi Halaman Cover sampai Abstrak)
    • BAB I
    • BAB II
    • BAB III
    • BAB IV
    • BAB V
    • DAFTAR PUSTAKA
    • LAMPIRAN
  12. Menyerahkan hadrcopy dan softcopy Publikasi pada Jurnal/Prosiding Nasional dan Internasional ke Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNDIP;
  13. Menyerahkan sumbangan buku sejumlah 2 buah (berbeda judul) dengan terbitan 5 tahun terakhir dan dikumpulkan di Sekolah Pascasarjana Sub Akademik.
  14. Fotocopy/Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Berwarna 1 lembar.
  15. Setelah dinyatakan lulus melalui SSO-SIAP, mahasiswa melengkapi persyaratan wisuda dan menguploadnya pada link berikut (Klik disini)

Apabila persyaratan tersebut di atas tidak dipenuhi, maka mahasiswa yang bersangkutan tidak dapat diikutsertakan dalam wisuda dan harus mengikuti wisuda periode berikutnya sampai dengan persyaratan lengkap.

  1. Surat Pemberitahuan Wisuda 165 (Okt-Des 2021)
  2. 3901. Informasi Upacara Wisuda 165
  3. Perubahan Tanggal Wisuda Ke-165 Universitas Diponegoro